Nostalgia SMS Lebaran

Posted on

Seiring majunya zaman dan teknologi menjadikan gaya hidup banyak orang juga berubah.

Masih ingat kalau dahulu kita sering banget kirim-kirim kartu ucapan lebaran pada saat menjelang hari raya Idul Fitri.

Namun sekarang dimana setiap orang sepertinya sudah menggenggam gadget, budaya kirim-mengirim kartu juga telah berubah.

Tapi nggak dipungkiri juga walaupun masih ada yang suka kirim-kiriman kartu maupun parcel, toh ya masih ditambah pula dengan sms.

Kayaknya masih ada yang kurang dan masih belum mantap gitu kalo belum es em esan..

Semenjak jaringan komunikasi terutama internet telah berada dimana-mana.

Tren pada saat lebaran juga banyak berubah, terutama ketika mengucapkan mohon maaf lahir batin, mulai dari twitter, facebook, whatsapp, email, dan sebagainya.

Tapi ya tetap aja kalau ucapan sms saat itulah yang paling mudah, paling gampang, paling murah, paling enak, paling gampang ditiru, lah kan bisa tinggal diganti nama akhirnya aja.

Fenomena yang tiba-tiba saja orang bisa berubah jadi puitis, mendayu-dayu, bahkan ada yang menganggap tiap orang itu ngerti akan bahasa daerahnya.

Jadinya mengucapkannya dengan kata dari bahasa daerahnya.

Iyaa ndak masalah.. dengan harapan itu semua dilakukan untuk menjalin kembali sillaturrahim juga untuk meningkatkan ukhuwah sebagai perekat yang mana telah lama ternodai dengan segala perbuatan kesalahan dan kekhilafan kita.

Terkenang saya setelah lebaran inilah terkadang membuat saya juga kelimpungan, karena begitu banyaknya sms yang masuk membuat hape juga full storage tak mampu lagi menerima sms.

Maklum hape model jadul jadinya kemampuan segalanya terbatas hee..

Model-model sms inilah yang membuat saya tertarik menuliskannya, paling tidak ini menunjukkan umat muslim akan kesadarannya menjalin persaudaraannya dan melengkapi diri dalam ibadah menuju kesucian jiwanya.

Bukankah kita pun masih teringat sebelum menjelang bulan Ramadhan dengan sabda Rasulullah SAW,

“Ya Allah tolong abaikan puasa umat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal berikut: tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada orang tuanya (jika masih ada), tidak bermaafan terlebih dahulu antara suami isteri, tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya. Maka Rasulullah pun mengatakan amiin sebanyak tiga kali.”

Semoga sms-sms lebaran ini mampu menjadikan dan mengingatkan diri kita untuk saling terus menjalin ukhuwah diantara kita, tidak hanya terhenti pada saat bulan Ramadhan atau pada saat hari raya Idul Fitri saja.

Sms-sms ini sendiri merupakan sms yang telah banyak masuk ke inbox hape saya namun tidak mampu semuanya saya tulis, hanya beberapa saja yang saya abadikan, semoga memberikan manfaat atau pun menginspirasi buat nulis yang baru

Yuk kita lanjut baca aja tulisan-tulisan ucapan idul fitri berikut ini:

▶ Beningkan hati dg dzikir. Cerahkan jiwa dg cinta. Lalui hari dg senyum. Tetapkan langkah dg syukur. Sucikan hati dg permhonan maaf. Met hari raya Idul Fitri 1440 H. taqobalallahu minna wa minkum. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir n batin.

▶ Hati tlah lalai mnjaga lisan berkata. Diri tlah khilaf mnjaga stiap tindakan… maafku ku pinta tlus darimu. Minal aidzin wal faidzin, mhon maaf lahir batin…

▶ Kulo skluargo ngaturaken sugeng riyadi.. 1440 H. Sedoyo kalepatan nyuwun agunging samudro pangaksami…

▶ Gema takbir berkumandang mengiringi hari kemenangan suara beduk bertalu-talu sambut dg rasa haru smoga ramadhan depan dapat kita temukan saat tepat sucikan hati bersihkan diri dihari nan fitri ‘minal aidzin wal fa idzin’ maafkan khilaf & kesalahan smoga Allah mmberikan ampunan dan ke taqwaan. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

▶ Eid Mubarak 1440 H. taqobalallahu minna wa minkum. Mhon sudi kiranya mmaafkan salah dan khilaf yg pernah terjadi. Kullu ‘aam wa antum bikhoir..

▶ PUTUSAN No. registrasi perkara 1440 H Atas diri (nama) setelah menimbang: semua kekhilafan. Mengingat: semua ksalahan. Memperhatikan: dtangnya 1 Syawal . Memutuskan: minal aidzin wal faidzin mhon maaf lahir n batin..

▶ Karena padatnya jalur sms sejak kmaren malam, shingga sms ini bru dikirim hehe.. 🙂 “Taqobalallahu minna wa minkum. Smoga Allah menerima amal ibadah kita di bulan Ramadhan. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

▶ Saya maw minta maaf atas segala khilaf.. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H. Semoga kita selalu dlm lindunganNya. Eh boleh tau nama fb-nya gak… 😛

▶ Hti tak slamnya suci, Jwa tak slamanya tulus, Bila mlut slh berucp, tngan slh berbwat, kami sklrg mhn maaf.. Mari brsihkan hati, prbaiki diri & raih kmnangan suci. Met hari raya Idul Fitri 1440 H. Mhn maaf lahir n batin.

▶ Ass. wr.wb.. Al Ghazali prnah berkata: ‘Yg jauh itu WAKTU, yg dkat itu MATI, yg bsar itu NAFSU, yg brat itu AMANAH, yg mdah itu BRBUAT DOSA, yg panjang ITU AMAL SHOLEH dan yg indah itu SALING MEMAAFKAN. SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir n batin.

▶ Brung mrpati punya dua sayap . hinggap di dahan skedar mampir. Mhon maaf atas sgala salah n khilap. Kullu ‘aam wa antm bi khoir.

▶ Tok..tok..tok.. Permisi.. saya mau mngantar parsel Lebaran isinya: Seribu perkataan maaf, Selusin kasih syang, Sekotak salam persahabatn & Sekardus doa. Fresh from The Heart. Met hari raya Idul Fitri 1440 H. Minal aidzin wal faidzin.

▶ Ada kodok makan ktupat.. ktupat dimakn lompat2… mngkin dg berjabat tngan qt tak smpat.. lwat sms no what2..  SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H. Mohon maaf lahir n batin.

▶ Alhamdulillah Hari Kemenangan tlah tiba. Mari sambut dg saling memaafkan. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir n batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

▶ Aslm.. Mngkin dstiap kata, cnda twaku n prbuatanku trdpt kkhilafan, ksalahan. Maka dr itu, dhari yg fitri ini kmi skluarga mhon yg sbesar2nya..

▶ Ternyata dunia ini indah krn ukhuwah, ada sapa dlm duka, ada doa dlm cita2, ada maaf dlm khilaf, mhon maaf lahir n batin..

▶ Assalamu alaikm wr. wb. Saya (nama) mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1440 H. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir n batin. Wassalmlikm wr.wb.

▶ Dgn stulus hati di hari yg fitri: Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir n batin.. Smg amal ibadah diterima, dosa dihpuskan n ridho Allah selalu menyertai qt.. amiin..

▶ Asslmkum.. Toeet toeettt toeettt… Lebaran bro.. Maaaapp.. Maap lahir bathin ya.. Smoga qt dibri kesmpatan ktemu Ramadhan lgi taon dpn.. amiin… Semangaatt…. B-)

▶ Dari kupu-kupu kita blajar merubah diri.. dari padi kita blajr rndah hati.. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir n batin..

▶ Saat ku tringat dosa tak ada kata  yg bisa hapuskan. Resah layaknya bumi pada semesta yang tak bersua yang tak dapat meraih sgala dosa.. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir n batin. Smoga kita dpt meraih kemenangan n kmbali menjadi fitri. Amien Yaa Rob..

▶ Allahuakbar.. Allahuakbar.. Allahuakbar..Walillah Hamd.. takbir menggema di penjuru alam.. mnyeru keagunganNya.. Mohon maaf lahir n batin..

▶ Jenggisss…. Met lebaran y… Maapin (nama) ya kalo banyak salah… hehehe…

▶ Taqabballahu minna wa minkum. Ja’alana Allah wa iyyakum minal aidzin wal faidzin kullu ‘aamin wa antum bikhoir. Slamat Hr Rya Idul Fitri 1440 H. Mhn maaf lhr & batin.

▶ Taqabballahu minna wa minkum, mhon maaf lahir batin, smg qt mnjd lbih bertaqwa, lbih kreatif & inovatif. Slmat Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

▶ Taqabballahu minna wa minkum. Mhon maaf lahir n batin. Smoga stlah Ramadhan qt jdi lebih dkat dg Allah SWT. Dan smga qt bis dipertemukn dg Ramadhan brikutnya..

▶ Bila niat brbalut prasangka, kata brtabur dusta & prbuatan teriring khilaf, mhon utk dimaafkan. Slmat Hr Ry Idul Fitri 1440 H. Minal aidzin wal faidzin.

▶ Sairiang balam jo tampuo, Pucuak cimpago urang patahkan. Sairiang Ramadhan nan dicinto, khilaf kilafat mhon dimaafkan. (nama) sadonyo Padang.

▶ Tiada pmbrian trndah & prbuatan trmulia slain maaf n saling mmaafkan. Slmat Idul Fitri 1440 H. Minal aidzin wal faidzin. Teriring slam dari & utk kluarga.

▶ Bilih galih asih kasapih.. tawakuf anu kasuhun.. neda hpunten tna smudaya klpatn, mugia ibdh saum taun ieu knging kbrokahn amiin. Minal aidzin wal faidzin.

▶ Bila ada kta trselip dusta, ada sikap mmbekas lara & lngkah mnoreh luka, smoga msih ada maaf trsisa. Minal aidzin wal faidzin. Mhon maaf lahir & batin.

▶ Ketupat direbus ditepi perigi. Untuk hidangan dipagi hari. Sms ini pengganti diri tanda ingatan dihari Idul Fitri. Mhon maaf lahir dan batin.

▶ Sebening fiber optic, setinggi tower BTS, secepat broadband access. Kami skeluarga mhon dibukakan bandwidth maaf selebar-lebarnya.

▶ Hati kadang tak sebening XL, tak secerah MENTARI. FREN, aku mhon SIMPATI-mu untuk BEBAS-kan aku dari sgala dosa. Mhon maafkan lahir batin yaa..

▶ Untuk lisan yang tak terjaga, janji yang tak terpenuhi, hati yang kerap brprasangka, dg penuh keikhlasan mhon maaf lahir batin.

▶ Semoga kharisma Ramadhan mnjadi pncerah hati kita di hari kemenangan ini n seterusnya. Taqobalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri 1440 H.

▶ Bahagia terasa bila segala khilaf & esalah dpt saling dimaafkan, sbg syukur menyambut IDUL FITRI walau jemari tak kuasa mnjabat, kata dapat mnjadi jembatan. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H. Mohon maaf lahir n batin.

▶ Assalamualaikm. Gue tau elu semue punye saleh ame gue. Tapi gue ndiri jg banyak salehnya ame elu pade. Jadi gimane kalo kite saling maafin. Afdol ye.. Wassalam.

▶ One day before ied… I wanna say forgive my sins, may our hearts purified from all mistakes, happy iedul fitri. Minal aidzin wal faidzin. 🙂

▶ Ambil galah metik rambutan. Kalo ada salah kata n perbuatan mhon dimaafkan. Taqabalallahu minna wa minkum. Taqabbal yaa kariim..

▶ Syukurlah bisa baca SMS ini.. buah duku buah kedondong, maafin aku dong..

▶ Sang cinta telah terpisah, jiwa damai merangkai makna, brharap hati kmbali suci dlam hidup penuh cinta illahi. Ikhlas hti tuk saling memaafkan. Mohon maaf lahir n batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

▶ Banyaknya baris kode xhtml, sulitnya memvalidasi hasil design. Susahnya menyesuaikan kode di berbagai browser, tdk bisa dilukiskan dg kecantikan design css, jg tidk bisa menghalangi niatku utk mminta maaf. Taqabalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir n batin.

▶ Beralas ikhlas, beratap doa, di hari yg fitri ini mhon dibukakan pintu maaf, Mohon maaf lahir n batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

▶ Dhahar kupat kuahipun santen. Menawi wonten lepat nyuwun pangapunten. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H. Mhon maaf lahir n batin.

▶ Pergi ke Kanal bersama Aladdin. Memancing kakap mendapat patin. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir n batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

▶ Selepas Ramadhan smoga mutiara ksabaran, keimanan dan mahabbah pd Allah selalu terpatri dlm diri, seharmoni dg gelombang kehidupan yg tak selalu datar.. maaf lahir batin ya..

▶ Barangsiapa minta maaf lewat sms, maka ia akan tersiksa di hari pembayaran pulsa. Mhon maaf tdk kirim parcel krn dilarang KPK. Mhon maaf atas segala kekhilafan.

▶ Beli es di warung Bu Rima. Taruh di piring santap bersama. SMS (lebaran) sudah saya terima. Teriring pula maksud yang sama. Mohon maaf lahir n batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

▶ Pas Idul Fitri datang, pas Ramadhan pergi, sebelum operator sibuk, sebelum sms pending melulu.. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir n batin.

▶ Fitrah sejati adalah mengAkbarkan Allah & SyariatNya didalam jiwa, gerak disepanjang nafas & langkah. Semoga sperti itulah kita di hari kemenangan ini. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

▶ Eid Mubarak, taqabalallahu minna wa minkum, Mohon maaf lahir n batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H. Smoga kita mnjdi lebih bertaqwa, lebih kreatif, inovatif, prestatif.

▶ Sahur hanya tinggal kenangan, berganti malam takbir hari fitri menjelang. Aku dtang ulurkan tangan, mmhon maaf semua kesalahan. Mohon maaf lahir n batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

▶ Idul Fitri yang agung, seagung kalimat tayyibah, Seagung dinul Islam yg kaffah. Seagung silaturrahmi yg mengandung cinta n kedamaian. Minal aidzin wal faidzin. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

▶ Firdaus yg indah lagi berseri, mnjadi hiasan di Aidil Fitri, SMS dikirim pengganti diri, tanda ingatan tak layu di hati. Mohon maaf lahir n batin.

▶ Berdirilah dihadapan yang Maha Pemurah, dan ketuklah penyesalan. Kau dapati Dia tak pernah lemah kapan pun sang hamba mengetuk pintu taubat utk kembali fitri. Taqabalallahu minna wa minkum.

▶ Andai jemari tak kuasa berjabat, setidaknya kata masih dpt terungkap, tulus hati memhon maaf lahir batin yaa…

▶ Aq nuwun pangapura kesalahan pitutur uga tindakanku marang kowe muga2 kabeh dosaku lan dosamu di lebur ing dino riyoyo. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir n batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

▶ Seiring gemuruh takbir, jagad raya bertasbih. Desir angin kemenangan berhembus tuk sampaikn maaf atas segala dosa n khilaf yg menoreh. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir n batin.

▶ Sebening & sesejuk air wudhu, sesuci Al Qur’an, semerdu alunan dzikir, seindah sholat 5 waktu. Mohon maaf lahir n batin. Semoga sillaturrahmi selalu di hati. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

Yang enggak tau mau ngucapin apa bisa jadi inspirasi, tapi bisa juga jadi malah kepikiran buat tulisan ucapan selamat Idul Fitri yang baru, nah kira-kira kalau versi anda bagaimana?